Iker Casillas Pensiun Dan Mencalonkan Diri Jadi Presiden Sepakbola Spanyol

Freedomfellowshipministries.org – Tak ada pesta yang tak usai. Iker Casillas, kiper legendaris asal Spanyol itu, akhirnya memutuskan untuk mengakhiri kariernya di dunia sepak bola. Hal itu sudah dikonfirmasi oleh Jorge Nuno Pinto da Costa selaku Presiden dari FC Porto.

Dia mengatakan pula bahwa Iker Casillas telah menemuinya dan mengatakan keputusannya untuk gantung sepatu. Langkah itu terkait dengan langkah Casillas yang tengah mencalonkan diri sebagai Presiden Federasi Sepak Bola Spanyol (RFEF) pada beberapa waktu lalu.

Sebelum mengumumkan pencalonannya itu, Iker Casillas datang untuk menemui saya guna memberi tahu saya tentang keputusan pensiunnya, kata Pinto da Costa kepada media Portugal. Casillas amat identik dengan Real Madrid. Wajar, sih, 15 tahun dia mengabdi untuk El Real. Torehan gelarnya pun sudah mencapai 19 –termasuk 5 trofi La Liga dan 3 titel Liga Champions.

Baca Juga : Slot online uang asli

Hingga akhirnya Casillas hengkang dari Santiago Bernabeu ke Porto pada 2015. Eksistensinya masih terjaga bersama Dragoes. Toh, Casillas sukses mengantar Porto juara Primera Liga di edisi 2017/18 dan Piala Super Portugal 2018.

Akan tetapi, keberadaan Casillas memudar semusim berselang. Dia mengalami serangan jantung ketika menjalani sesi latihan. Eh, itu tak lantas membuat Casillas berhenti bermain. Kondisinya perlahan membaik dan kembali berlatih tiga bulan kemudian. Kiprah Casillas bersama Timnas Spanyol juga tak bisa dilupakan begitu saja. Dia menjadi pilar penting atas keberhasilan Tim Matador meraih trofi Piala Dunia dan dua kali merengkuh gelar Piala Eropa.

Sementara untuk titel individu, Casillas telah lima kali dinobatkan sebagai kiper terbaik dunia versi IFFHS –terbanyak bersama Gianluigi Buffon. Itu belum dihitung dengan keberhasilannya meraih gelar Kiper Terbaik La Liga (2009 dan 2010), Kiper Terbaik Liga Portugal (2018/19), serta Kiper Terbaik Piala Dunia 2010.

Mencalonkan Diri sebagai Presiden Federasi Sepak Bola Spanyol

Mantan penjaga gawang Real Madrid, dan Timnas Spanyol yaitu Iker Casillas, mengumumkan pencalonan dirinya sebagai Presiden Federasi Sepak Bola Spanyol (FA). Hal tersebut tentu akan mewarnai akhir kariernya sebagai pemain sepak bola profesional.

Casillas sukses mengantarkan Tim Nasional Spanyol pada gelaran Piala Eropa 2008 dan 2012. Selain itu Casillas juga berhasil menjuarai Piala Dunia bersama Spanyol pada gelaran edisi 2010. Sayangnya, Kondisinya saat ini tidak seperti kala itu. Tercatat mantan kapten Tim Nasional Spayol tersebut belum bermain sejak Mei 2019 bersama Porto karena serangan jantung yang dideritanya.

Media Olahraga ESPN sudah mendapat kabar terkait keputusan Casillas dalam pencalonan dirinya. Casillas nantinya akan melawan Luis Rubiales pada perebutan kursi Presiden Federasi Sepak Bola Spanyol. Pemilihan Presiden Federasi Sepak Bola Spanyol itu rencananya akan dilakukan setelah perhelatan Olimpiade di Jepang. Namun, Rubiales meminta pemilihan dilangsungkan sebelum 31 Maret.

The Administrative Sports Court selaku pengadil olah raga di Spanyol menolak permintaan akan pengajuan pemilihan lebih awal tersebut karena dinilai menyalahi aturan dasar yang telah ditetapkan. Namun, dewan olah raga di Spanyol (Spanish Sport Council) , yang memiliki wewenang terkait perubahan tanggal tersebut, saat ini sedang meninjau terkait hal tersebut.

Salah satu tujuan Casillas dalam pencalonan dirinya adalah untuk memulihkan gejolak-gejolak yang terjadi dalam tubuh Federasi sepak bola Spanyol yang dalam beberapa waktu terakhir terjadi konflik dan perselisihan pada internal federasi tersebut.

Casillas sendiri telah mengabdi pada club raksasa Spanyol, Real Madrid, dengan membela tim tersebut selama 15 tahun. Ia juga mampu mempersembahkan beberapa gelar bergengsi untuk tim yang bermarkas di kota Madrid tersebut, diantarnya gelar Liga Champion dan La Liga masing – masing sebanyak 4 kali dan 5 kali.

Sebelum pada akhirnya ia hengkang ke liga Portugal membela FC Porto dan mampu membawa tim tersebut meraih gelar juara liga pada tahun 2018.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *