Daftar Klub-Klub Eropa Yang Memiliki Hutang Terbesar

Freedomfellowshipministries.org – Uang memang bisa dibilang mempunyai pengaruh yang sangat besar terhadap kesuksesan sebuah klub sepak bola. Dengan adanya kekuatan finansial yang besar, klub bisa membentuk skuad impian bertabur bintang. Setiap klub tentunya sangat berharap kehadiran pemain bintang akan mampu mendongkrak performa tim. Tak hanya bisa membuat permainan lebih baik, melainkan juga menarik penonton hadir ke lapangan.

Selain itu, penjualan jersey pemain bintang pun bisa menambah pemasukan klub. Tak jarang klub rela berutang demi bisa mendatangkan pemain bintang. Dan klub juga berharap bisa mendapatkan pemasukkan lebih dengan adanya pemain tersebut. Namun, hal tersebut terkadang tidak sesuai dengan ekspektasi. Beberapa pemain bintang justru malah tampil melempem dan membuat klub terpuruk.

Situasi tersebut tentunya akan bisa membuat para penggemar enggan datang ke stadion dan membeli marchendise klub. Alhasil, pengeluaran akan melebihi pemasukan yang membuat neraca keuangan menjadi tak seimbang. Padahal UEFA diketahui sejak tahun 2013 sudah memberlakukan aturan financial fair play. Dimana aturan itu isinya melarang klub memiliki pengeluaran melebihi pemasukan.

Baca Juga : CMD368

Di sisi lain, klub pun harus berhutang demi bisa mendatangkan dan membayar gaji pemain. Berikut ini lima klub raksasa Eropa dengan hutang terbanyak seperti dilansir Ronaldo.com.

Juventus

Pembangunan Allianz Stadium menjadi satu di antara alasan yang akhirnya membuat Juventus harus berutang. Selain itu, beberapa perekrutan serta gaji tinggi pemain juga membuat tagihan Bianconeri melonjak. Namun, hal tersebut mulai bisa diantisipasi Juventus dengan memboyong pemain dengan status bebas transfer seperti Aaron Ramsey dan Adrien Rabiot.

Apalagi jika Si Nyonya Tua ini berhasil memenangkan gelar bergengsi seperti Liga Champions 2020. Maka bukan tidak mungkin klub akan melunasi semua utang. Saat ini, Juventus diketahui mempunyai hutang senilai 372 juta euro atau setara dengan Rp5,6 triliun.

Atletico Madrid

Baru-baru ini Atletico Madrid telah berhasil melikuidasi utang senilai 202 juta euro ke Keuangan Spanyol. Namun, hal tersebut tampaknya masih belum cukup membuat Los Rojiblancos tenang. Atletico Madrid diketahui masih mempunyai banyak hutang. Saat ini, klub yang bermarkas di Wanda Metropolitano itu juga memiliki hutang senilai 384 juta euro atau setara Rp5,8 triliun.

Satu di antara yang pada akhirnya membuat Atletico Madrid mempunyai utang ialah banyak mendatangkan pemain pada bursa transfer musim panas lalu. Joao Felix menjadi pemain yang paling mahal, pemain portugal ini senilai 126 juta euro (Rp1,9 triliun).

Inter Milan

Inter Milan juga sudah berupaya melunasi utangnya selama bertahun-tahun. Bahkan, sebelum Suning Group ini mengambil alih. La Beneamata tentunya sangat berharap agar bisa segera melunasi hutangnya. Caranya yakni dengan cara memenangkan gelar Serie A 2019-2020. Saat ini, Inter Milan diketahui mempunyai hutang sebesar 461 juta euro atau setara dengan Rp6,9 triliun.

Tottenham Hotspur

Pembangunan Tottenham Hotspur Stadium membuat Spurs ini harus meminjam banyak uang. Kini, dengan stadion baru tersebut Tottenham Hotspur pun mulai mendapat pemasukan dari penjualan tiket. Saat ini, klub asal London itu diketahui memiliki hutang mencapai 483 juta euro (Rp7,3 triliun). Hal tersebut tentunya adalah kabar buruk buat Jose Mourinho karena pengeluarannya di bursa transfer bisa dibatasi.

Manchester United

Manchester United bisa dibilang adalah klub paling kaya di dunia. Namun, di sisi lain Setan Merah juga menjadi tim dengan kepemilikan hutang terbanyak. Hutang Setan Merah itu datang setelah klub diambil alih oleh keluarga Glazer pada tahun 2005. Saat ini, Manchester United diyakini masih terlilit hutang senilai 568 juta euro (Rp5,85 triliun).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *